Posted on

YUK! MERAWAT KAKTUS DENGAN CARA TERBAIK

Kini merawat tanaman bukanlah yang asing dan baru, melainkan kegiatan positif yang bisa menjadi kebiasaan baru. Saat ini dengan adanya wabah corona atau covid-19 ini tentu saja kita harus mematuhi aturan dari pemerintah, salah satunya tetap berada di rumah dan keluar jika ada kepentingan darurat. Di dalam rumah ini memang membosankan, sehingga tentu saja hal tersebut membuat kita mencari celah untuk mengurangi rasa bosan saat berada di rumah. Sebab, kita menghabiskan banyak waktu hanya di rumah saja. Sehingga hal ini juga mendorong untuk melakukan kegiatan atau kesibukan yang baru. Anda bisa belajar untuk merawat kaktus dengan cara terbaik. Sudah pasti sangat seru, sebab merawat kaktus ini memang hal yang baru yang mana sebelumnya belum kita pelajari. Kaktus ini merupakan tumbuhan yang bisa menjadi dekorasi hijau di rumah. Selain itu kaktus ini pun juga dapat memberikan ruangan rumah lebih elegan dan juga memperindah ruangan. 

Cara Merawat Kaktus Dengan Cara Terbaik

Kaktus juga termasuk tanaman sukulen yang hidup dengan cara menghirup karbondioksida yang kita keluarkan saat bernafas. Sehingga tanaman kaktus ini juga bisa memelihara kualitas udara dalam ruangan secara tidak langsung. Sehingga pada saat yang sama, kaktus tersebut bisa melepaskan oksigen ke udara. Oleh karena itu, jika kita memiliki kaktus yang cukup banyak di rumah tentu saja, di rumah ini sudah memiliki air purifier alami. Tentu saja hal ini sangat baik untuk kesehatan dan juga kita bisa menghirup udara lebih bersih dan segar. Selain itu, tanaman kaktus ini juga bisa memperbaiki mood. Berikut, cara terbaik merawat kaktus dengan mudah yang bisa anda praktekkan di rumah;

  • Memilih pot yang terbaik

Tanaman kaktus ini memang bisa ditanam menggunakan berbagai jenis pot. Trik tepatnya yakni apabila anda tidak ingin ribet dalam memeriksa endapan air pada tanah ini masih ada atau tidak, anda bisa menggunakan jenis pot yang memiliki lubang pembuangan. Sedangkan, jika anda menyukai dengan pemeriksaan secara teratur, maka anda bisa menggunakan jenis pot yang tidak memiliki lubang drainase air. Jangan sampai kaktus tersebut tenggelam. Besar atau kecil pot ini tergantung dari ukuran kaktus yang anda miliki, apabila pot terlalu besar. Maka ada endapan air yang tidak disenangi kaktus, untuk jenis material pot ini yang terbaik adalah terracotta.

  • Memberikan makanan bernutrisi

Kaktus juga membutuhkan fertilizer, akan tetapi hanya pada kaktus yang sedang bertumbuh atau bisa timbul cabang baru dan juga ciri-ciri yang lainnya. Dalam memberikan fertilizer ini gunakan yang sesuai dengan jenisnya. Gunakan fertilizer yang memiliki sedikit nitrogen dan juga tinggi fosfor. Untuk penggunaannya ini cukup dengan dosis kecil yang dapat digabung pada saat proses dehidrasi.

  • Berikan sinar matahari

Saat musim kemarau tiba, kaktus yang berasal dari tanah berpasir ini sangat menyukai paparan matahari secara langsung. Untuk terkena sinaran matahari ini kaktus membutuhkan durasi hingga empat jam. Berbeda dengan kaktus tropis dari hutan hujan yang membutuhkan sinar matahari sedikit dengan bantuan tudung. Pada saat musim hujan, bukalah tudung kaktus, karena kaktus tersebut membutuhkan sinar matahari. Saat anda memberikan sinar matahari ini maka selalu putar-putar sisi kaktus yang telah terkena sinar matahari, yang berguna untuk menghindari perubahan warna kuning atau putih. Untuk melakukan perputaran ini dilakukan dalam sebulan sekali dengan formasi ¼  putaran pot.