Posted on

Tsunami adalah bencana alam yang terjadi akibat gelombang air yang sangat besar yang dapat disebabkan oleh gangguan di dasar laut. Nah, misalnya seperti pergeseran antara lempengan bumi dan gempa bumi. Gelombang laut tersebut membuat air menjadi menyebar ke segala arah dan bisa mencapai daratan hingga ke pemukiman warga. Tsunami adalah bencana alam yang tidak dapat kita atasi namun kita bisa menyelamatkan diri jika bisa terdeteksi. Sebab tsunami bisa datang kapan saja dan dimana saja. Biasanya tsunami akan datang setelah bencana gempa bumi. Maka dari itu, jika kamu tinggal di dekat pantai, sesaat terjadinya gempa bumi akan lebih baik segera mengungsi ke daratan yang jauh dari pantai. Selain itu kamu bisa mengungsi ke dataran yang tinggi seperti pegunungan. 

TANDA-TANDA TERJADINYA TSUNAMI

Inilah Tanda-Tanda Dari Bencana Tsunami

Tsunami tidak dapat kita atasi sebab tsunami adalah bencana yang disebabkan oleh alam bukan manusia. Tidak hanya itu saja, bencana tsunami dapat menimbulkan kerusakan pemukiman di dekat pantai dan memakan banyak korban. Bencana ini adalah bencana yang paling ditakuti. Maka dari itu kamu wajib tahu tanda-tanda tsunami di bawah ini:

  • Tanah bergetar dan suara gemuruh ombak yang besar

Bencana tsunami akan terjadi jika setelah terjadi gempa bumi. Nah gempa tersebut berasal dari dasar laut yang diakibatkan oleh longsornya permukaan di bawah laut yang dapat menyebabkan air laut menjadi naik. Nah, jika kamu merasakan seperti tanah bergerak dan suara gemuruh ombak segeralah pergi dan mengungsi agar bisa menyelamatkan diri. Sebab itu adalah salah satu tanda tsunami. 

  • Air laut mendadak surut

Jika kamu sedang berada di tepi pantai, namun air laut mendadak surut. Segeralah pergi dari pantai dan segera mengungsi. Sebab air laut yang surut tersebut diakibatkan karena lempengan yang bergeser atau jatuh tadi menyebabkan air juga ikut turun ke bawah permukaan laut. nah, jika lempengan tersebut sudah jatuh di dasar laut, maka air tersebut akan kembali menguap dan juga air datang secara lebih dan dapat menenggelamkan permukaan daratan. Misalnya seperti kamu melemparkan batu yang sangat besar ke sungai, nah air di sungai tersebut akan meluap dan menyebar ke daratan. 

  • Binatang merasakan bahaya 

Dalam peristiwa ini kamu akan melihat binatang-binatang yang berlari cepat menuju ke daratan yang jauh dari laut. Tidak hanya itu, burung-burung juga akan terbang menjauh dari laut. Sebab binatang memiliki indera yang jauh lebih tajam daripada manusia. Hewan dapat dengan mudah merasakan bahaya yang akan datang seperti bencana alam. 

Nah, itulah tanda-tanda dari tsunami. Jika kamu merasakan tanda-tanda di atas kamu perlu segera mengungsi ke dataran yang tinggi agar dapat menyelamatkan diri tidak hanya itu, kamu perlu menjauh dari sungai karena air sungai mengalir ke laut. Namun sebelum mengungsi kamu juga perlu menyediakan tas yang sudah kamu sediakan yang berisi obat-obatan, pakaian, dan air. Jika setelah gempa di dasar laut, kemungkinan bakal terjadi tsunami namun itu tidak pasti. Kamu hanya perlu mempersiapkan diri untuk menyelamatkan diri. Sebab bencana tersebut bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kamu juga wajib tahu tanda-tanda di atas agar bisa menyelamatkan diri namun bukan hanya kamu saja tetapi juga orang lain dan keluarga kamu. Akan lebih baik lagi jika tinggal di dekat pantai namun di dataran yang tinggi agar bisa melihat bagaimana besarnya gelombang air yang terjadi di laut. Hal ini juga akan bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *