Posted on

Ketika seseorang merasa ada gangguan yang terjadi di tubuhnya atau merasa ada yang tidak beres dengan kesehatannya, hal yang biasanya dilakukan adalah melakukan pengecekan kepada ahlinya yaitu dengan mengunjungi klinik atau dokter untuk mengetahui apa yang sedang dialami oleh tubuhnya. Setelah itu, biasanya dokter akan memberikan resep berupa obat yang bisa digunakan untuk meredakan atau untuk meringankan gejala yang diderita oleh pasien. Salah satu jenis obat yang beredar di pasaran dan juga yang telah banyak digunakan oleh dokter adalah obat gentamicin. Gentamicin ini berdasarkan sumber dari sehatQ adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi yang berasal dari bakteri. Cara kerja dari obat gentamicin ini adalah dengan membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri sehingga infeksi yang disebabkan oleh bakteri tersebut dapat teratasi.

Biasanya, obat yang diberikan oleh dokter atau obat yang diresepkan oleh dokter tidak hanya satu bahkan bisa beberapa jenis sekaligus. Termasuk juga dengan obat gentamicin ini yang biasanya diresepkan dengan obat lain. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena berdasarkan penjelasan yang ada di sehatQ ini, gentamicin bisa digunakan dengan obat antibiotic lain untuk mengobati infeksi yang sedang terjadi. Jika Anda sedang menjalani pengobatan infeksi dengan obat gentamicin ini, maka Anda perlu untuk mengetahui profil dari gentamicin yang dapat memberikan Anda referensi yang akurat seperti yang terdapat pada sehatQ mengenai profil gentamicin ini. Apa saja profil dari obat gentamicin? Berikut adalah penjelasan golongan, kategori obat, bentuk sediaan obat, dan efek samping yang ada pada obat gentamicin yang dapat Anda pelajari seperti di bawah ini:

  • golongan obat gentamicin

gentamicin ini termasuk kepada jenis obat kelas terapi antiinfeksi yang mana artinya bahwa obat gentamicin ini memiliki peran untuk meredakan dan mencegah infeksi yang berkelanjutan.

  • Bentuk sediaan obat gentamicin

Berdasarkan data yang dihimpun dari sehatQ, obat gentamicin ini tersedia dengan jenis obat tetes mata, obat tetes telinga, injeksi, krim, dan infus, yang mana berarti obat gentamicin ini tersedia dalam berbagai jenis, baik dalam tekstur yang cair hingga yang kental dan mudah meresap di kulit.

  • Efek samping obat gentamicin

Dalam penggunaannya, obat gentamicin ini menimbulkan efek samping yang beraneka ragam, mulai dari yang ringan hingga efek samping yang menengah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena efek samping dari obat gentamicin ini tidak akan berkepanjangan alias tidak memakan waktu yang lama. Apa saja efek samping dari obat gentamicin ini? Pertama, adanya gangguan saluran pencernaan seperti mual dan muntah. Bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat gentamicin dan merasakan efek samping seperti mual dan muntah, Anda tidak perlu khawatir karena itu adalah efek samping dari obat gentamicin. Efek samping lainnya yang mungkin Anda rasakan adalah demam dan Lelah. Untuk Anda yang merasakan deman dan Lelah selama mengonsumsi obat gentamicin maka Anda tidak perlu risau dan harus tetap tenang karena hal itu merupakan salah satu dari efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi obat gentamicin. Selain kedua efek samping tersebut, mulut kering dan nyeri sendi juga adalah salah satu efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi obat gentamicin yang perlu Anda perhatikan.

  • Perhatian khusus untuk pengguna obat gentamicin

Ada hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam mengonsumsi obat gentamicin yaitu apabila Anda menderita kalsium rendah atau hipokalsemia dan hipokalemia juga hypomagnesemia, maka Anda perlu mengonsultasikan kepada dokter Anda sebelum mengonsumsi obat gentamicin.